Kenapa penis sering gatal


tumblr_os6dhnbgxa1tshulgo1_1280

Bukan hanya wanita yang sering mengalami masalah dengan daerah pribadi mereka. Tak jarang pria juga menjadi korban dari bakteri yang bisa menyebabkan masalah pada daerah pribadi. Salah satu masalah yang paling sering dialami pria adalah gatal di sekitar penis.

Rasa gatal di sekitar penis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah masalah kebersihan. Banyak pria yang tak menjaga kebersihan daerah pribadi mereka dengan baik. Selain itu, beberapa alasan lainnya adalah mengenakan celana dalam yang terlalu ketat, urine, serta adanya kutu pada rambut kemaluan.

Jika Anda termasuk orang yang mengalami gatal pada daerah sekitar kemaluan, jangan khawatir. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, seperti dilansir oleh Boldsky .

1. Mencuci alat kelamin dengan hati-hati ketika mandi. Hilangkan kulit mati dan gunakan sabun. Langkah ini bisa menghilangkan bakteri tak sehat yang menyebabkan infeksi dan rasa gatal.

2. Jangan gunakan produk yang mengandung bahan kimia untuk membersihkan daerah pribadi. Bahan kimia dan sabun yang mengandung wewangian bisa menyebabkan iritasi pada daerah pribadi.

3. Gunakan celana dalam yang tipis, terbuat dari katun, dan mudah kering. Celana dalam yang lembap bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan rasa gatal pada kemaluan.

4. Hindari berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan. Tak hanya menyebabkan gatal, ini juga bisa menyebabkan infeksi dan penyakit menular seksual.

5. Selalu membasuh dari atas ke bawah. Daerah dubur dan anal memiliki banyak bakteri yang bisa terbawa hingga penis dan menyebabkan infeksi pada daerah kemaluan.

6. Jika daerah penis sering gatal, ganti celana dalam setidaknya dua kali sehari. Pastikan Anda membasuh daerah pribadi sebelum berganti celana dalam.

7. Kutu pada rambut kemaluan bisa menjadi salah satu penyebab rasa gatal di daerah pribadi. Cukur rambut kemaluan, atau setidaknya potong dengan rapi. Jaga daerah pribadi agar tetap bersih dan kering.

8. Jika rasa gatal pada penis disertai dengan warna merah dan luka, bisa jadi ini disebabkan oleh infeksi. Segera berkonsultasi pada dokter.

9. Salah satu cara terbaik untuk menghindari dan mengatasi rasa gatal pada daerah penis adalah dengan menjaga daerah pribadi tetap kering. Urine yang tertinggal dan kelembapan bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri jahat yang menjadi penyebab infeksi.

Itulah beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi rasa gatal di daerah pribadi untuk pria. Jika rasa gatal disertai panas, kulit yang memerah, dan luka, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s