Cara Merawat Anus Agar Tetap Sehat


tumblr_nqbislezem1rcm44go1_500

Anus adalah bagian tubuh yang jarang diperhatikan oleh seseorang karena letaknya di belakang dan selalu tertutup. Tapi jangn pernah menyepelakan anus. Jika tidak dijaga dengan baik, maka bisa muncul ancaman penyakit.
Anus bisa dikatakan daerah yang paling kotor dalam tubuh, karena merupakan tempat membuang sisa makanan berupa kotoran. Nah, beberapa penyakit yang bisa menyerang anus seseorang antara lain wasir, infeksi di sekitar lubang anus, abses di mana terdapat nanah di daerah sekitar anus, fistula, dan yang paling buruk bisa menyebabkan kanker.

Lalu hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan anus? “Idealnya untuk menjaga agar anus tetap sehat, secara umum itu menjaga kebersihan. Kebersihan pribadi itu penting,” kata dr. Errawan Wiradisuria, SpBD (K)BD,MKes spesialis bedah saluran cerna Rumah Sakit Premier Bintaro saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (19/2/2014).

Untuk menjaga kebersihannya, maka jangan lupa membasuh anus setelah buang air besar atapun buang air kecil. Selain itu, usahakan untuk selalu menjaga daerah seputar anus kering sebelum memakai celana dalam agar tidak menjadi tempat tumbuh bakteri.

“Setiap habis BAB, bersihkan dengan baik daerah sekitar anus, untuk yang menggunakan air, basuh perlahan lalu keringkan perlahan dengan kain kering atau tisu tanpa parfum,” jelas dr. Meta Hanindita dokter umum Rumah Sakit DR Soetomo, Surabaya, saat dihubungi terpisah.

Selain menjaga kebersihan, menurut dr. Errawan menjaga pola makan juga penting. Masyarakat harus sadar dengan pola hidup sehat. Dengan menjaga asupan makan dan juga rajin berolahraga.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s